Call of Duty (COD) tentu taka sing lagi bagi pecinta game FPS (First Person Shooting). Selain didukung grafis yang memukau, alur ceritanya yang apik juga sangat didukung oleh audio yang menghidupkan nuansa epik perang yang sedang berlangsung. Maka, tak heran, kita akan merasa seolah-olah menjadi aktor utama dalam setiap scene dramatisnya. Tentu saja, suasana World War III yang digambarkan dalam COD Modern Warfare 3 begitu terasa nyata.

Soundtrack dan Score COD seri Modern Warfare yang digarap oleh infinity Ward memang selalu ditangani oleh komposer kenamaan.  Hanz Zimmer, komposer besar penerima penghargaan Grammy dan Academy Award versi komposer film, pertama kali menggarap soundtrack dan score pada game, yaitu pada COD MW2. Film yang digarapnya seperti: Pirates of Carribean, Black Hawk Down, The Da Vinci Code, Gladiator, dll. Soundtrack COD MW3 kali ini ditangani oleh komposer yang tak kalah hebat: Brian Tyler. Beberapa hasil garapannya: Eagle Eye, The Expendables, The Final Destination, Fast & Furious, Fast Five, Need for Speed: The Run, Final Destination 5, dll.

Saya sudah berkali-kali googling untuk soundtrack COD MW3. Tapi kebanyakan malah ketemu link download berbayar. Yang bikin jengkel, ketika ketemu link gratisan, malah katanya “file not found”. Pernah juga mulai download, malah error dalam proses.

Untungnya saya ingat sebuah cara (walau agak repot), yaitu mengobrak-abrik isi folder  COD MW3. Perlu kesabaran untuk menjelajahi isi folder yang mencapai  13 Gb itu. Untung saja, komposisi foldernya tak jauh beda dengan COD sekuel sebelumnya(dulu saya juga melakukan hal sama pada COD MW2).

Oke, inilah caranya:

  • Buka folder COD MW3, cari folder “main”. Di dalamnya banyak sekali file ber-ekstensi “.iwd”. Itu adalah sarang file image dan sound, mulai dari suara percakapan antar bahasa, suara senjata dan kendaraan tempur, bahkan suara tas yangs edang dibuka.
  • Buka saja file-file tersebut dengan cara meng-ekstract-nya dengan winrar. Jika memang punya kesabaran yang tinggi, buka saja file tersebut satu per satu (dan itu yang saya lakukan).
  • Tapi karna saya baik hati, saya kasih tau langsung saja file yang spesifik: ” iw_13.iwd”.
  • Setelah selesai ekstrak, buka folder “sound”, lalu folder “music”.
  • Ada begitu banyak sekali file audio di sana. Play saja satu per satu untuk menyeleksinya. Tips: pilih file yang cukup besar (2-6 Mb), yang punya durasi cukup panjang.

Itu saja mungkin. Silahkan dicoba dan nikmati komposisi musiknya.

Sebagai penutup, saya ingin mengutip kata-kata Capt. Price, tokoh yang masih hidup sejak COD MW sampai COD MW3:

“They say truth is the first casualty of war.. But who defines what’s true?”

“Truth is just a matter of perspective… The duty of every soldiers is to protect the innocent. And sometimes that means preverving the lie of good or evil..”

Advertisements