Kawan, inilah jalan terbaik yang diberikan kepada hamba-Nya yang terpilih. Inilah jalan yang dirintis para Rasul Allah. Inilah jalan yang hanya dapat dilalui oleh orang-orang ikhlas dan berhati tangguh. Inilah jalan yang penuh rintangan, tikungan menajam, dan garis finish yang begitu jauh terasa. Inilah jalan kita!

Jangan menganggap jalan ini dapat dilalui dengan sangat singkat tanpa mengeluarkan tenaga yang berarti, layaknya seorang pembalap di lintasan balapnya. Janganlah seperti para pembalap yang jatuh tersungkur hanya karena melindas kerikil kecil dalam kecepatan tingginya. Hanya karena kerikil kecil, ia kehilangan keseimbangan, terjatuh, dan keluar dari lintasan. Bagaimana ia bisa melewati tajamnya jalan yang menikung, duri yang terhambur, dan rintangan yang tak terkira?

Janganlah seperti para pembalap yang terpelanting hanya karena bergesekan dengan rekan satu timnya. Hanya karena setitik salah pengertian tentang arah dan kecepatan, ia bersentuhan dengan sahabat satu lintasannya, dan “bruakk”… ia terpental, cedera parah, dan tidak dapat melanjutkan pertandingan lagi. Dan yang lebih parahnya, mentalnya sudah mati untuk melanjutkan karirnya.

Kawan, jalan ini tidak memerlukan ketergesaan, tidak berhambur kemudahan. Jalan ini hanya dapat dilalui oleh orang-orang yang ikhlas dan berhati tangguh.

Jadilah  seperti seorang pelari tangguh yang dapat menaklukkan jalan ini. Jadilah seorang pelari yang penuh oleh peluh-peluh amal, yang paru-parunya dipenuhi oleh napas keimanan. Walaupun lelah, walaupun sesak, ia akan tetap berlari bersama rekan-rekannya.

Seorang pelari tangguh takkan jatuh hanya karena menginjak kerikil. Seorang pelari tangguh takkan tersungkur hanya karena bersinggungan dengan rekannya. Tak peduli tikungan setajam apapun, tak peduli rintangan seberat apapun, ia akan tetap berlari menuju ujung jalan ini. Sebuah finish yang manis. Biarlah setiap butir debu di jalan ini menjadi saksi yang tak terbatahkan. Hingga setiap tetes peluh, setiap tarikan-hembusan napas, dan kelelahan akan dibayar Allah dangan ganjaran yang manis dan tempat istirahat abadi nan indah permai di Jannah-Nya kelak.

Advertisements